Skip to main content

MENGENAL FMOT. SMOT & ZMOT

HALO TEMAN-TEMAN
WAKTUNYA BERBAGI ILMU


Teman-teman, punyakah kalian momen berharga dalam hidup kalian? Yang dapat membuat kalian senang dan juga sedih, yang membuat kalian puas dan mengecewakan.  Bahkan ketika kalian bertemu dengan momen-momen tersebut, beberapa momen itu benar-benar melekat dipikiran kalian, sampai-sampai ketika bertemu dengan orang lain kalian akan menceritakan momen-momen kalian secara sadar atau bahkan tidak disadar.

Didalam dunia Marketing, momen-momen ini ternyata dapat mempengaruhi kalian dalam melakukan pembelian loh, menarik bukan? Mari kita berkenalan dengan momen-momen apa saja yang digunakan pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan mereka.

Oh iya! Sebelumnya, teman-teman harus tau dulu bagaimana proses konsumen dalam melakukan pembelian ini dia skemanya.



FIRST MOMENT OF TRUTH (FMOT)


Seperti namanya yaitu first alias pertama. Di FMOT ini, para pelaku bisnis mengetahui bahwa Konsumen memiliki persepsi terhadap suatu produk masing-masing yang dapat dijadikan seperti moment. Seperti ketika Konsumen ingin membeli produk, apakah konsumen akan melihat dari warnanya, rasanya, ukuran, harga atau lainya. Pada saat konsumen sudah mulai menyimpulkan terhadap semua informasi yang didapat, terjadilah pembelian (purchasing).

FMOT melihat fenomena ini sebagai daya tarik yang dapat kolaborasikan dengan media promosi untuk dapat meningkatkan penjualan. Baik itu dari Iklan yang ditayang di televisi dan radio, serta media publikasi tentang sebuah brand dan produk.




Bentuk kolaborasi ini, sering kita jumpai di minimarket dan supermarket. Pernahkah kalian menyadari bahwa Supermarket dan minimarket saat ini dilengkapi dengan TV LCD yang menayangkan iklan dan promosi sebuah produk, atau suara penawaran dan iklan promosi di tengah-tengah lagu. Nah itulah FMOT! Ketika konsumen sebelumnya sudah pernah mendapatkan informasi dari iklan dirumah sebelum mereka pergi berbelanja, ketika di tempat belanja informasi itu akan diingatkan kembali dalam berupa iklan TV, Audio dan juga gambar di rak produk. Kemudian untuk mempercepat keputusan pembelian konsumen, kolaborasi tersebut ditambah dengan  program promosi seperti potongan harga, atau pembelian gratis serta penawaran langsung oleh petugas di toko tersebut. Dan Tadaaaa!!!! Terjadilah keputusan pembelian untuk suatu produk, dengan kolaborasi dari FMOT.




SECOND MOMENT OF TRUTH (SMOT)


Seperti namanya yaitu second alias kedua. Apakah itu SMOT? SMOT merupakan momen-momen yang dimiliki oleh konsumen namun konsumen tersebut sudah memiliki evaluasi dalam menggunakan sebuah produk. Biasanya Pelaku bisnis berfikir bagaimana cara pembeli yang sudah memiliki pengalaman pembelian dapat melakukan repeat purchase (pembeliann berulang).

Kolaborasi Marketing yang digunakan pelaku bisnis untuk pembeli SMOT bisa dikatakan sangat unik. Karena, pelaku bisnis tidak dapat menebak apakah konsumen merasa senang atau kecewa ketika membeli sebuah produk.



Kali ini contohnya tidak di supermarket atau minimarket yang notaben merupakan produk pokok yang bisa dikatakan siklusnya fast moving. Kita ambil contoh yaitu Starbucks. Ketika pembeli melakukan pembelian, mungkin ada konsumen yang kecewa lalu melakukan komplain via SMS atau email bahkan yang berbahaya ada juga yang memberikan bad rcommendation agar konsumen lain tidak mencoba produk tersebut. Namun untuk konsumen yang puas biasanya mereka akan senantiasa memberika review untuk produk di medsos atau kotak saran,

Seperti yang dijelaskan, SMOT ini lebih memiliki perlakuan unik. Ketika dihadapkan dengan konsumen yang kecewa bisa saja strategi yang diberikan Starbucks adalah memberika free Coffee atau Voucher sebagai permintaan maaf. Namun bukan berarti yang puas dibiarkan begitu saja, Untuk konsumen yang puas. Starbuck membuatkan loyalty program melalui dua cara seperti Starbucks Card dan Juga Tumblr, yang dimana ketika membeli menggunakan starbucks card kita mendapatkan point yang bisa di redeem menjadi pembelian gratis loh. Dan juga bagi pemiliki tumblr starbuck setiap tanggal 22 ada pembelian 50% untuk pemilik tumblr starbuck. Unik kan.

Sebagai informasi, biasanya program loyalty ini hanya diikuti oleh 2-5% pembelinya loh, namun kenapa pelaku usaha masih melakukan itu? Karena hasil dari loyalty ini, merupakan sumbangsih promosi tidak langsung dari konsumen loyal ke konsumen biasa, yang dapat memberikan edukasi produk, share pengalaman produk, sehingga terjadinya pembelian.



ZERO MOMENT OF TRUTH (ZMOT)


Seperti namanya yaitu zero atau nol (kosong). Momen ini hadir dikarenakan adanya SMOT yang memberika informasi sangat banyak di media online, dan juga secara langsung sehingga banyak sekali informasi yang didapatkan untuk melakukan pembelian konsumen. Uniknya Konsumen dalam momen ZMOT ini belum mengnal brandnya, belum melihat produknya, belum pernah membelinya, dan juga belum melihat iklanya. Tapi daya tarik untuk membelinya sangat tinggi.



Dalam case ini kita ambil contoh yaitu Blackberry. Dulu ketika BB hadir di Indonesia dengan model yang unik dengan fitur favorit berupa BBM. Pasti kita sering melihat lingkungan kita menggunakan BB dan bahkan mereka juga mngajak kita “eh lo beli BB dong, biar kita bisa BBMan!” walaupun kita belum mengenal brand, produk, dan iklanya. Setelah direkomendasikan pasti kita akan mencari tahu secara sadar tentang BB, dan hasil BOOM!!!! Kita akan membeli Handphone Blackberry, karena lingkungan yang mendukung.

Untuk era digtal seperti ini, ZMOT lebih banyak daripada yang kita kira loh. Kita ambil contoh konsumen di Kalimantan misalnya. Di Kalimantan belum ada Outlet untuk H&M tapi minat membeli masyarakat disana sudah sangat besar, akhirnya ketika berlibur di jakarta dipastikan konsumen dari kalimantan tersebut akan datang ke Outlet Fashion H&M dan membelinya.
Bahkan bisa dibilang momen ZMOT ini lebih merasa Puas dan jarang kecewa terhadap produk yang dibelinya, menarik!



Comments

Popular posts from this blog

MENGENAL ROGUE, SANG PENANGKAL KEKUATAN MUTAN

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh film X-Men, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel X-Men. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang Rogue.   Rogue memiliki nama asli marie d’ancanto dia merupakan seorang gadis muda yang baik hati dan memiliki kehidupan yang damai bersama keluarganya. Pada saat ia SMA ia memiliki kekasih bernama David dan pada saat itu juga marie belum mengetahui bahwa dirinya adalah seorang mutan. Pada suatu hari, mereka berdua sedang ada dirumah membicarakan tentang rencana perkuliahan, kemudian disela sela obrolan, mereka mulai berciuman. Setelah marie berciuman seketika david bergetar dan jatuh pingsan. Kemudian marie berteriak dan dihampiri oleh orang tuanya. Semenjak saat itu marie tidak ingin disentuh oleh siapapun dan ia memutuskan untuk lari dari rumah. Marie yang lari dari rumah, mencari tau tentang kekuatan pada diri

MENGENAL SABERTOOTH, SANG PESAING WOLVERINE

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh film X-Men, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel X-Men. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang Sabertooth. Victor Creed atau yang dikenal sebagai Sabertooth merupakan anak dari ibu yang tidak diketahui dan ayahnya bernama Thomas Logan pada 19 th Century. Kemudian istri dari Thomas logan yaitu Elizabeth memiliki seorang anak yang kemudian bersaudara dengan Victor. Diketahui bahwa Jimmy Howlet bukan merupakan anak dari Thomas logan dan Elizabeth. Saat ayah kandungnya datang kerumahnya, tidak sengaja ia membunuh Thomas Logan. Kemudian Jimmy yang melihat itu mengeluarkan   cakarnya dan membunuh pria tersebut yang merupakan ayah kandungnya. Kemudian ia berlari, dan victor mengejarnya. Victor sudah mengetahui bahwa dirinya adalah mutan berbeda dengan jimmy yang baru mengetahui.  Setelah itu mereka memutu

Segarra Ancol, Nyantai Di Pantai Ala Ala Cafe

HALO TEMAN-TEMAN TRAVELLERS AYO LIAT SUNSET DI ANCOL Yak, mari nge rilek di Segarra Ancol, sebuah Resto & Cafe di Kawasan ancol. Yang membuat kalian serasa berada di Jimbaran Bali. Kali ini gue akan membahas kenyamanan tempat dan asiknya tempat di Segarra Beach, dan jika kalian adalah pembaca yang mencari tentang rekomedasi makanan. Maaf banget teman-teman, gue ga bisa nyediain itu disini, karena memang bukan keahlian gue sebagai food tester. Sumber dari google kakak, maaf ya keasikan nongkrong jadi lupa ambil gambar eh malah ke asikan selfie Gue tegaskan teman-teman, gue lagi ga promo sebuah cafe atau resto, ini murni gue memberikan rekomendasi ke kalian jika memang mencari tempat hangout yang kece. Nah kita lanjut untuk pembahasan Segarra ya.  Kalau gue bilang banyak cafe dan restoran di kawasan Ancol teman-teman, seperti Bandar Jakarta atau Le'bridge. Namun setelah searching di google, ketemulah segarra ini. Hasil juga bertanya-tanya kepada tema

MENGENAL ELANG HITAM, SANG BATMAN INDONESIA

Sekarang waktunya untuk kenalan dengan para superhero Indonesia, yaitu Elang Hitam:  Elang Hitam merupakan tokoh komik dari Jagoan Komik dengan latar lokasi Jakarta. Bernama asli Hendro Petrusno dirinya merupakan seorang polisi. Berkarir cukup lama dalam dunia kepolisian, dia memecahkan banyak kasus namun hal tersebut juga seimbang dengan kasus yang tidak terungkap. Beberapa kejanggalan tersebut membuat Hendro sadar bahwa tidak semua hal bisa diungkap melalui jalur tersebut.  Dia memiliki bakat dengan berbagai macam senjata, bahkan dia memiliki kemampuan menembak cepat. Hendro akhirnya memutuskan untuk menggunakan cara lain dalam memecahkan kasus dan melawan kejahatan. Pada malam hari Hendro dalam penyamaranya akan menjadi Elang Hitam yang mengawasi seluruh kejahatan dan membongkar seluruh kejahatan. Dia menghadapi musuh-musuh yang cukup sadis, bisa dikatan dunia liarnya muncul pada malam hari.   Kekuatan : ahli investigasi, lincah, cerdas, menembak cepat.

MENGENAL REVERSE FLASH, SANG VILLAIN THE FLASH

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh fim DC, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel The Flash. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang The Kid Flash. Eobard Thawne lahir di 2451, di zaman itu cukup banyak teknologi yang sangat maju salah satunya adalah rekayasa genetika. Orang tua eobard melakukan rekaysa gen kepada dirinya, membuat ia menjadi anak yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Namun pada perjalananya, eobard malah menjadi anak yang anti sosial, ia lebih sering mengurung diri. Orang tuanya yang khawatir dengan anaknya, membuat ia masuk ke lembaga psikologis remaja. Disitu eobard merasa terkurung dan kesal. Akbiat hal itu, adiknya robern yang tidak secerdas dirinya memulai karir terlebih dahulu sebagai seorang polisi. Setelah keluar dari lembaga psikologis remaja, eobard ingin bekerja di Flash Museum. Namun ia ditolak, dari sini eobard m