Skip to main content

Far is Jauh - Dieng | Indonesia

Halo Teman-Teman Travelers 

Kalian Dapat Salam Dari Puncak Dieng





Jujur teman-teman, di puncak ini gue ga pernah berhenti bersyukur. Walau tidak setinggi puncak mahameru, tapi disini gue bisa melihat Indahnya mentari pagi yang selalu gue lewati tiap pagi. Mari kita masuk ke topik utama!

Apa Itu Dieng?

Yap seperti yang kita tau Dieng merupakan dataran tinggi teman-teman. Yang dimana dulunya pernah meletus, akibat aktivitas vulkanik loh teman-teman, dan akhirnya membuat dataran-dataran tinggi lainya serta kawah-kawah akibat letusan jaman dulu. Sekarang Dieng menjadi tempat wisata yang sangat luas di daerah jawa tengah, dan lebih dikenal dengan Dieng Plateu. Di Dieng Plateu ini banyak banget loh tempat wisata dan ilmu-ilmu yang bisa kalian ambil disana, cek sesi bawah ya. Oh iya di daerah Dieng kita juga melewati beberapa gunung seperti G. Sindoro, G. Sumbing, dan yang paling dekat dengan Dieng adalah G. Prau. Kalau musim hujan kabut teman-teman di puncak, sulit melihat Sunrise.

Bagaimana Perjalanan Menuju Dieng?

Ini cerita panjang yang bakal gue ringkas sekejap hahaha. Gue memulai perjalanan dari Jakarta, menggunakan Kereta dari Stasiun Senen. Pukul 10 Malam. Dengan titik pemberhentian Stasiun Waleri, dalam kurun waktu 6 jam. Kenapa Waleri? karena kebetulan gue akan nginep di Waleri, di rumah teman gue. 

Dari Waleri gue menuju Wonosobo untuk kulineran dengan jarak tempuh 1-2 jam, lalu dari Wonosobo ke Dieng gue menempuh waktu 2-3 Jam sepertinya.
Note :
Jalan dari Waleri menuju Dieng cukup parah, banyak tanah yang lubang-lubang, dan kerikil serta pasir. Jalan tersebut juga sering dilalui truk teman-teman, berkelok-kelok dan menanjak, jadi usahakan jangan sampai tertidur ya. Siapkan Antimo saran gue!


Sesampai di Dieng kita menuju penginapan di dekat Puncak Dieng, dan jarak dari penginapan ke area wisata ga jauh kok, 15 menit kalau lancar ya. Yang selalu unik dari daerah Jawa Tengah, mereka menggunakan arah mata angin untuk menunjukan jalan, jadi siapkan kompas untuk tau arah yang dituju, dan orang pedesaan di kawasan Dieng itu tau banget soal nama-nama penduduk, gue tertolong dengan nama pemiliki home stay saat menuju kesana.

Untuk memulai aktivitas teman-teman, yang utama adalah Puncak Dieng, kita start dari jam 3 Pagi dini Hari yeay. Dingin-dingin deh hahaha.




Apa Yang Kita Lakukan Disana?

Banyak banget kegiatan yang dapat kita lakukan di Dieng Palteu, ini kegiatan yang bisa kalaian lakukan disana:

1. Puncak Dieng

Beuh, Puncak dieng ini benar ramai ya teman-teman jika sudah musim liburan. Kita bisa bersantai disini, ngopi, makan Jagung dan melihat Sunrise. Bagun pagi adalah solusi untuk kalian jika mau mendapatkan Spot bagus disini. Sudah antri dari fotografer dan videografer serta pengunjung yang datang kesini loh teman-teman.
Note :
Jangan lupa membawa pakaian hangat, kupluk, sarung tangan untuk menuju kesini ya teman-teman. Senter juga penting, dan air putih.


Sunrise disini bener-bener keren loh teman-teman, dari jam 3 pagi sampai jam 8 Pagi itu udah cukup banget untuk relax disini.



2. Kawah Dieng

Wah ini dia, salah satu tujuan wisata utama di Dieng, sekarang kawah-kawah Dieng semakin banyak loh yang dijadikan obyek Wisata. Walaupun baunya ga enak tapi keren banget bisa liat Kawahnya. Beberapa tempat dijadikan ajang untuk bermain motorcross, berkuda dan juga buat pencarian warga disana. Memang terlihat lebih crowded, da pintu utamanya cukup kumuh karena sudah menjadi obyek wisata yang ramai tapi ga disesuaikan dengan peraturan menaga kebersihan.

Oh iya, dulu kawah Dieng ini pernah membunuh banyak orang karena gas yang dihasilkan banyak mengandung CO2 ketika letusan dan Gempa di Dieng, kawahnya bener-bener mematika. Dan saat ini masih menjadi observasi dari pihak terkait untuk melihat aktivitas Vulkanik Dieng.



3. Ratapan Angin

Wah teman-teman, ini salah satu puncak tertinggi dimana kalian bisa melihat Puncak Dieng, dan Kawasan Dieng Plateu dari jauh, seperti telaga Warna. Disini asik banget loh teman-teman tempatnya, boleh mampir 30-1 jam lah disini. Ada tiket masuknya oh teman-teman ketika kesini, sekitar 10ribu per orang.
Note:
Ya ampun, disini banyak banget sampahnya kalau rame, seharusnya pengelolanya lebih peka untuk pembuatan tempat sampah di sekitar area Obyek Wisata.




4. Nonton Film Dieng

Nah di Dieng Plateu tersedia tuh untuk menonton Sejarah Film Dieng, untuk pengetahuan kalian teman-teman. Memang filmnya jadul banget kayaknya dibuat tahun 90an deh teman-teman. Tapi pengetahuan kita semakin banyak habis dari sini. Ada tiket masuk nya loh teman-teman ketika kesini sekitar 6ribuan.
Note:
Harusnya studio mini ini bisa diperbagus lagi dari segi fasilitas, dan juga remake filmnya, biar lebih menarik untuk anak-anak saat ini belajar tentang alam.


5. Candi-Candi

Disini ga cuman obyek wisata alam aja loh teman-teman ada juga candi-candi yang bisa kalian kunjungi, sayangnya waktu gue kesini, candi-candinya lagi di renov ada banyak Candinya, dan tempatnya hijau banget. Biasanya digunakan untuk piknik tempatnya.



6. Telaga Warna

Wah disini ada hasil letusan Dieng yang tidak hanya berbentuk kawah, yaitu Telaga Warna, yang warnanya biru hijau gitu, Tempatnya bagus banget, dilihat dari atas bagus, dilihat dari depan mata juga bagus loh teman-teman. Biasanya kawasan disini dihiasi pemusik jalanan seperti klanting, dan orang-orang yang berubah menjadi boneka teletubies, dan teman-temanya untuk meriahkan tempat ini.



7. Foto dan Video

Jujur aja tempat ini sebenernya fotoable banget, tapi kalau ramai susah banget loh cari gambar-gambarnya hahaha. Tapi bagus kok untuk kalian ambil gambar, banyak banget foto dan video yang bisa kalian ambil dari sini loh teman-teman.



Nah itu dia teman-teman yang bisa kalian dapatkan di Dieng. Gue sendiri membutuhkan 3 hari 2 Malam loh dari Jakarta ke Dieng, baru balik lagi ke Jakrta, dan semua itu menggunakan kereta dan mobil. Ga nyesel kok kalau kesini teman-teman baik bikin trip sendiri atau open trip sama teman-teman baru. Kalau udah urusan jalan-jalan sama main-main memang harus dibelain temen-temen biar ga jenuh loh di kantor atau di kampus. 

Dan saran gue yang utama, hindari lah pas musim liburan. Bukan ga puas, tapi kurang kerasa aja feelnya kalau lagi ramai teman-teman. Jadi ga serasa private banget gitu loh. Pokoknya sekian dulu rekomendasi untuk liburan ke Dieng Plateu, jangan lupa komen dan kalau boleh di share loh teman-teman, jangan lupa tukeran rekomendasi ya. Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

MENGENAL ROGUE, SANG PENANGKAL KEKUATAN MUTAN

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh film X-Men, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel X-Men. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang Rogue.   Rogue memiliki nama asli marie d’ancanto dia merupakan seorang gadis muda yang baik hati dan memiliki kehidupan yang damai bersama keluarganya. Pada saat ia SMA ia memiliki kekasih bernama David dan pada saat itu juga marie belum mengetahui bahwa dirinya adalah seorang mutan. Pada suatu hari, mereka berdua sedang ada dirumah membicarakan tentang rencana perkuliahan, kemudian disela sela obrolan, mereka mulai berciuman. Setelah marie berciuman seketika david bergetar dan jatuh pingsan. Kemudian marie berteriak dan dihampiri oleh orang tuanya. Semenjak saat itu marie tidak ingin disentuh oleh siapapun dan ia memutuskan untuk lari dari rumah. Marie yang lari dari rumah, mencari tau tentang kekuatan pada diri

MENGENAL SABERTOOTH, SANG PESAING WOLVERINE

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh film X-Men, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel X-Men. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang Sabertooth. Victor Creed atau yang dikenal sebagai Sabertooth merupakan anak dari ibu yang tidak diketahui dan ayahnya bernama Thomas Logan pada 19 th Century. Kemudian istri dari Thomas logan yaitu Elizabeth memiliki seorang anak yang kemudian bersaudara dengan Victor. Diketahui bahwa Jimmy Howlet bukan merupakan anak dari Thomas logan dan Elizabeth. Saat ayah kandungnya datang kerumahnya, tidak sengaja ia membunuh Thomas Logan. Kemudian Jimmy yang melihat itu mengeluarkan   cakarnya dan membunuh pria tersebut yang merupakan ayah kandungnya. Kemudian ia berlari, dan victor mengejarnya. Victor sudah mengetahui bahwa dirinya adalah mutan berbeda dengan jimmy yang baru mengetahui.  Setelah itu mereka memutu

Segarra Ancol, Nyantai Di Pantai Ala Ala Cafe

HALO TEMAN-TEMAN TRAVELLERS AYO LIAT SUNSET DI ANCOL Yak, mari nge rilek di Segarra Ancol, sebuah Resto & Cafe di Kawasan ancol. Yang membuat kalian serasa berada di Jimbaran Bali. Kali ini gue akan membahas kenyamanan tempat dan asiknya tempat di Segarra Beach, dan jika kalian adalah pembaca yang mencari tentang rekomedasi makanan. Maaf banget teman-teman, gue ga bisa nyediain itu disini, karena memang bukan keahlian gue sebagai food tester. Sumber dari google kakak, maaf ya keasikan nongkrong jadi lupa ambil gambar eh malah ke asikan selfie Gue tegaskan teman-teman, gue lagi ga promo sebuah cafe atau resto, ini murni gue memberikan rekomendasi ke kalian jika memang mencari tempat hangout yang kece. Nah kita lanjut untuk pembahasan Segarra ya.  Kalau gue bilang banyak cafe dan restoran di kawasan Ancol teman-teman, seperti Bandar Jakarta atau Le'bridge. Namun setelah searching di google, ketemulah segarra ini. Hasil juga bertanya-tanya kepada tema

MENGENAL ELANG HITAM, SANG BATMAN INDONESIA

Sekarang waktunya untuk kenalan dengan para superhero Indonesia, yaitu Elang Hitam:  Elang Hitam merupakan tokoh komik dari Jagoan Komik dengan latar lokasi Jakarta. Bernama asli Hendro Petrusno dirinya merupakan seorang polisi. Berkarir cukup lama dalam dunia kepolisian, dia memecahkan banyak kasus namun hal tersebut juga seimbang dengan kasus yang tidak terungkap. Beberapa kejanggalan tersebut membuat Hendro sadar bahwa tidak semua hal bisa diungkap melalui jalur tersebut.  Dia memiliki bakat dengan berbagai macam senjata, bahkan dia memiliki kemampuan menembak cepat. Hendro akhirnya memutuskan untuk menggunakan cara lain dalam memecahkan kasus dan melawan kejahatan. Pada malam hari Hendro dalam penyamaranya akan menjadi Elang Hitam yang mengawasi seluruh kejahatan dan membongkar seluruh kejahatan. Dia menghadapi musuh-musuh yang cukup sadis, bisa dikatan dunia liarnya muncul pada malam hari.   Kekuatan : ahli investigasi, lincah, cerdas, menembak cepat.

MENGENAL REVERSE FLASH, SANG VILLAIN THE FLASH

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh fim DC, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel The Flash. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang The Kid Flash. Eobard Thawne lahir di 2451, di zaman itu cukup banyak teknologi yang sangat maju salah satunya adalah rekayasa genetika. Orang tua eobard melakukan rekaysa gen kepada dirinya, membuat ia menjadi anak yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Namun pada perjalananya, eobard malah menjadi anak yang anti sosial, ia lebih sering mengurung diri. Orang tuanya yang khawatir dengan anaknya, membuat ia masuk ke lembaga psikologis remaja. Disitu eobard merasa terkurung dan kesal. Akbiat hal itu, adiknya robern yang tidak secerdas dirinya memulai karir terlebih dahulu sebagai seorang polisi. Setelah keluar dari lembaga psikologis remaja, eobard ingin bekerja di Flash Museum. Namun ia ditolak, dari sini eobard m