Skip to main content

PERUBAHAN KONSUMEN DARI ZAMAN KE ZAMAN


HALO TEMAN-TEMAN
WAKTUNYA BERBAGI ILMU


Teman-teman tahukah kalian, bahwa pengaruh perkembangan teknologi tidak hanya menyebabkan perubahan karteristik yang mendasar pada kebiasaan manusia saja, yang saat ini sudah banyak yang mengenalkan tentang perbedaan generasi dari zaman ke zaman yang bisa kita kenal dengan Generasi Baby Boomers, Genersi X dan Generasi Y.



Tapi ternyata juga mempengaruhi, kepada kebiasaan kita dalam berbelanja loh teman-teman. Bagi teman-teman yang penasaran, perubahan apa sih yang mendasar dalam diri kita ketika membelanjakan sesuatu. Maka inilah tipe-tipe konsumen yang berubah seiring berubahnya zaman.



 KONSUMEN TIPIKAL PRODUCT ORIENTED



Konsumen dengan tipikal Product Oriented ini merupakan, konsumen yang mengeluarkan uangnya untuk barang atau jasa yang mereka butuhkan. Kenapa bisa seperti itu? Karena dasarnya, Konsumen dengan Tipikal Product Oriented ini, hadir di masa-masa teknologi mulai di ciptakan. 

Tidak banyak yang ditawarkan dan bagi konsumen dengan tipikal seperti ini, teknologi merupkan sesuatu yang wow dan ajaib. Ketika dihadapkan oleh teknologi yang muncul, konsumen akan memikirkan. Apakah gue butuh itu? Jika tidak gue ga akan beli. 

Jika butuh mereka akan beli.  Sehingga merupakan sesuatu yang aneh jika pada masa tersebut, pasar lebih berorientasi pada mengeluarkan produk sebanyak-banyak kepada konsumen, yang penting barang gue habis. belum mementingkan pembelian berulang dan mengedepankan awareness (memberikan edukasi ke pasar) dengan strategi one to many.



KONSUMEN TIPIKAL SERVICE ORIENTED


Konsumen dengan tipikal Service Oriented ini merupakan konsumen yang terbentuk, dimana teknologi sudah mulai melakukan ekspansi, tidak hanya itu. Pasar membuat banyak sekali diferensiasi-diferensiasi dalam product mereka, sehingga fokus perusahaan tidak hanya kepada bagaimana menjual ke konsumen, tapi bagaimana juga berbeda dengan perusahaan lain. 

Pada kondisi ini, konsumen mulai menyadari bahwa mereka dalam berbelanja sudah tidak berdasarkan kebutuhan namun juga keinginan. Ketika konsumen disuruh memilih product A dan B yang serupa, mereka tidak hanya memilih atas dasar kebutuhan tapi keinginan. Mereka sudah mulai dapat membedakan Product A dan B baik dari segi harga, desain, kecanggihan produk.


Dalam kondisi ini banyak sekali perusahaan yang mulai melihat perubahan kareteristik konsumen dalam berbelanja. Pada saat itu banyak perusahaan yang menggunakan metode pemasaran one to one, untuk memperkenalkan keunggulan mereka, perbedaan mereka dan juga meningkat service level untuk memikat konsumen mereka. Sehingga banyak perusahaan yang mengharapkan pembelian berulang dari konsumen. Maka jangan kaget di era itu banyak sekali slogan “Customer Is a King”.


 KONSUMEN TIPIKAL VALUE ORIENTED



Konsumen dengan tipikal Value Oriented ini, merupakan konsumen pada saat ini teman-teman. Kenapa bisa dikatakan saat ini, karena konsumen pada saat ini lebih banyak melakukan pertimbangan dalam berbelanja. Mereka lebih aktif, mereka lebih tahu, bagi mereka layanan sudah bukanlah keunggulan namun hal yang wajib. Jejaring social media dalam memberikan info dan review terhadap produk. Testimoni dan komplain yang bertebaran untuk sebuah product sekarang mempengaruhi konsumen dalam berbelanja. Pada dasarnya Value yang ditawarkan ke konsumen ada banyak :


  •  Fungsional Value : Nilai Fungsional sebuah barang (kebutuhan)
  • Monetary Value : Nilai Harga Sebuah Barang (Kesanggupan membeli)
  • Emotional Value : Nilai Emotional Sebuah Barang (kepuasan)
  • Social Value : Nilai Sosial Sebuah barang (Pengaruh lingkungan)


Mereka lebih memikirkan tingkat kepuasan baik secara internal mereka dan eksternal mereka. Perusahaan mulai berfikir nilai apa yang membuat konsumen, dari situ mulai lah banyak perusahaan yang menawarkan produk tidak hanya dalam bentuk pendekatan orang per orang, namun lebih luas lagi. Bukan berarti penjualan orang per orang ditinggalkan, mereka merubah penjualan berulang dari orang ke orang, menjadi loyalty program. Bagi konsumen yang loyal akan mendapatkan benefit dan kepuasan yang lebih, dan juga mereka mulai menjajaki komunitas untuk memasarkan brand bahkan membentuk brand ambasador untuk menjual produk mereka. 

Biaya branding yang ditawarkan sangatlah besar, karena memadukan seluruhnya untuk menuju konsumen. Apakah efeknya. Ya efeknya konsumen, menjadi peran pemasaran mereka. Mengurangi komplain, meningkat nilai kepada konsumen menjadi nilai investasi. Karena mereka memahami, konsumen akan melakukan kegiatan rekomendasi produk, melakukan testing produk kepada konsumen lainya.  Maka slogan pun berganti dari Customer is a king menjadi Customer is a King and Customer is not always right.



Comments

Popular posts from this blog

MENGENAL ROGUE, SANG PENANGKAL KEKUATAN MUTAN

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh film X-Men, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel X-Men. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang Rogue.   Rogue memiliki nama asli marie d’ancanto dia merupakan seorang gadis muda yang baik hati dan memiliki kehidupan yang damai bersama keluarganya. Pada saat ia SMA ia memiliki kekasih bernama David dan pada saat itu juga marie belum mengetahui bahwa dirinya adalah seorang mutan. Pada suatu hari, mereka berdua sedang ada dirumah membicarakan tentang rencana perkuliahan, kemudian disela sela obrolan, mereka mulai berciuman. Setelah marie berciuman seketika david bergetar dan jatuh pingsan. Kemudian marie berteriak dan dihampiri oleh orang tuanya. Semenjak saat itu marie tidak ingin disentuh oleh siapapun dan ia memutuskan untuk lari dari rumah. Marie yang lari dari rumah, mencari tau tentang kekuatan pada diri

MENGENAL SABERTOOTH, SANG PESAING WOLVERINE

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh film X-Men, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel X-Men. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang Sabertooth. Victor Creed atau yang dikenal sebagai Sabertooth merupakan anak dari ibu yang tidak diketahui dan ayahnya bernama Thomas Logan pada 19 th Century. Kemudian istri dari Thomas logan yaitu Elizabeth memiliki seorang anak yang kemudian bersaudara dengan Victor. Diketahui bahwa Jimmy Howlet bukan merupakan anak dari Thomas logan dan Elizabeth. Saat ayah kandungnya datang kerumahnya, tidak sengaja ia membunuh Thomas Logan. Kemudian Jimmy yang melihat itu mengeluarkan   cakarnya dan membunuh pria tersebut yang merupakan ayah kandungnya. Kemudian ia berlari, dan victor mengejarnya. Victor sudah mengetahui bahwa dirinya adalah mutan berbeda dengan jimmy yang baru mengetahui.  Setelah itu mereka memutu

Segarra Ancol, Nyantai Di Pantai Ala Ala Cafe

HALO TEMAN-TEMAN TRAVELLERS AYO LIAT SUNSET DI ANCOL Yak, mari nge rilek di Segarra Ancol, sebuah Resto & Cafe di Kawasan ancol. Yang membuat kalian serasa berada di Jimbaran Bali. Kali ini gue akan membahas kenyamanan tempat dan asiknya tempat di Segarra Beach, dan jika kalian adalah pembaca yang mencari tentang rekomedasi makanan. Maaf banget teman-teman, gue ga bisa nyediain itu disini, karena memang bukan keahlian gue sebagai food tester. Sumber dari google kakak, maaf ya keasikan nongkrong jadi lupa ambil gambar eh malah ke asikan selfie Gue tegaskan teman-teman, gue lagi ga promo sebuah cafe atau resto, ini murni gue memberikan rekomendasi ke kalian jika memang mencari tempat hangout yang kece. Nah kita lanjut untuk pembahasan Segarra ya.  Kalau gue bilang banyak cafe dan restoran di kawasan Ancol teman-teman, seperti Bandar Jakarta atau Le'bridge. Namun setelah searching di google, ketemulah segarra ini. Hasil juga bertanya-tanya kepada tema

MENGENAL ELANG HITAM, SANG BATMAN INDONESIA

Sekarang waktunya untuk kenalan dengan para superhero Indonesia, yaitu Elang Hitam:  Elang Hitam merupakan tokoh komik dari Jagoan Komik dengan latar lokasi Jakarta. Bernama asli Hendro Petrusno dirinya merupakan seorang polisi. Berkarir cukup lama dalam dunia kepolisian, dia memecahkan banyak kasus namun hal tersebut juga seimbang dengan kasus yang tidak terungkap. Beberapa kejanggalan tersebut membuat Hendro sadar bahwa tidak semua hal bisa diungkap melalui jalur tersebut.  Dia memiliki bakat dengan berbagai macam senjata, bahkan dia memiliki kemampuan menembak cepat. Hendro akhirnya memutuskan untuk menggunakan cara lain dalam memecahkan kasus dan melawan kejahatan. Pada malam hari Hendro dalam penyamaranya akan menjadi Elang Hitam yang mengawasi seluruh kejahatan dan membongkar seluruh kejahatan. Dia menghadapi musuh-musuh yang cukup sadis, bisa dikatan dunia liarnya muncul pada malam hari.   Kekuatan : ahli investigasi, lincah, cerdas, menembak cepat.

MENGENAL REVERSE FLASH, SANG VILLAIN THE FLASH

Jadi buat kalian semua yang sudah mengikuti seluruh fim DC, pasti udah tau dong tentang beberapa tokoh-tokoh yang ada dalam sequel The Flash. Tapi rasanya belum pas kalau kita belum kenalan dengan karakternya, pada kesempatan kali ini, gue akan bahas tentang The Kid Flash. Eobard Thawne lahir di 2451, di zaman itu cukup banyak teknologi yang sangat maju salah satunya adalah rekayasa genetika. Orang tua eobard melakukan rekaysa gen kepada dirinya, membuat ia menjadi anak yang memiliki kecerdasan yang luar biasa. Namun pada perjalananya, eobard malah menjadi anak yang anti sosial, ia lebih sering mengurung diri. Orang tuanya yang khawatir dengan anaknya, membuat ia masuk ke lembaga psikologis remaja. Disitu eobard merasa terkurung dan kesal. Akbiat hal itu, adiknya robern yang tidak secerdas dirinya memulai karir terlebih dahulu sebagai seorang polisi. Setelah keluar dari lembaga psikologis remaja, eobard ingin bekerja di Flash Museum. Namun ia ditolak, dari sini eobard m